Selasa, 06 Maret 2012

Cara Sharing Internet via Wireless (wifi) dengan Virtual Router


Sering kita dengar pertanyaan, “Bagaimana sih cara membagi koneksi internet yang saya pakai dengan komputer lain ?” Pertanyaan ini sering kita jumpai di forum-forum internet. Karena itulah, kami disini membagi sedikit trik untuk anda, semoga bisa dimanfaatkan untuk keperluan berbagi internet di rumah.
Perangkat yang dibutuhkan pun kami yakin sudah anda miliki. Pertama tentu saja koneksi internet, bisa lewat kabel, ADSL, atau modem USB. Kami menggunakan koneksi lewat modem USB yang menggunakan jaringan EVDO. Kedua, anda membutuhkan wireless LAN card yang biasanya sudah tertanam pada notebook. Anda bisa pula menggunakan USB wireless LAN jika ingin mempraktekkannya di komputer desktop.
Harap diingat bahwa yang akan kita praktekkan di sini lebih tepat digunakan di lingkungan yang sifatnya kecil, seperti dalam rumah. jika ingin melakukannya di lingkungan yang lebih besar, ada baiknya anda menggunakan perangkat tambahan seperti router.
Okay, kalo gitu mari ikuti langkah-langkahnya.
Instalasi Koneksi
Karena kami menggunakan koneksi EVDO via modem USB, setelah menginstall modem tersebut, biasanya software untuk koneksinya juga turut diinstal. Kita tidak akan menggunakan software tersebut. Yang kita inginkan adalah menggunakan koneksi yang di buat melalui windows.
  • Pastikan driver modem sudah terinstal dengan baik.
image
  • Buka Control Panel > Network and Sharing Center. Klik Set up a new connection or network
image
  • DI jendela yang muncul, pilih Set up a dial-up connection.
image
  • Isikan informasi sesuai yang diberikan oleh ISP anda. Beri centang pada opsi Allow other people to use this connection.
image
  • Klik Connect untuk menjajal koneksinya atau melalui Control Panel > Network and Internet > Network Connections. Klik dua kali pada nama koneksinya, lalu klik Dial.
image

Aktifkan Service yang Diperlukan
Sebelum mengaktifkan virtual Wi-Fi, ada beberapa service di Windows yang harus diaktifkan. Servce-service tersebut berkaitan dengan proses sharing yang nanti akan dilakukan.
  • Buka jendela Run (tombol Windows + R) dan tuliskan “services.msc” (tanpa tanda kutip).
image
  • Pastikan service yang bernama Internet Connection Sharing dan Windows Firewall dalam keadaan aktif dengan status Automatic atau Manual.
image
  • Bila statusnya Disabled, klik dua kali nama service-nya lalu ubah Startup Type-nya menjadi Automatic.
image
  • Restart PC.
Virtual WiFi
Sejak 2002, Microsoft telah mengembangkan ide untuk memvirtualisasi adapter Wi-Fi. Banyak yang tidak tahu bahwa ide tersebut ternyata sudah di implementasikan ke dalam Windows 7 dengan nama Virtual Wi-Fi. Virtual Wi-Fi adalah software yang memampukan hardware WLAN card menjadi adapter virtual.
Dengan adanya software ini, komputer anda yang menggunakan Windows 7 dan dilengkapi dengan WLAN card bisa menjadi Wi-Fi access point atau hotspot dengan koneksi internet yang dipakai oleh komputer host. Oleh karena itu, langkah-langkah yang dibahas hanya bisa di praktekkan pada komputer dengan sistem operasi Windows 7.
Langkah pertama yang kita lakukan adalah memunculkan Virtual Wi-Fi. Bila anda lihat di Device Manager, secara default Virtual Wi-Fi tidak akan muncul di Network Adapter.
Begitu pula bila dilihat di Control Panel > Network and Internet > Internet Connections. Tidak ada koneksi bernama Virtual Wi-Fi.
Untuk memunculkan Virtual Wi-Fi, ada informasi yang mengatakan bahwa driver WLAN yang digunakan sudah harus mendapatkan sertifikasi Windows. Namun, dari beberapa WLAN yang kami coba, driver yang belum mendapatkan sertifikasi pun ternyata masih bisa dimanfaatkan. Beginilah caranya mengaktifkan Virtual Wi-Fi.
  • Pastikan koneksi internet dalam keadaan mati. Sebagai administrator, buka Command Prompt dan ketikkan perintah netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=NamaJaringan key=PasswordJaringan. Untuk ssid, silakan diisi sesuka anda, tetapi untuk key, pastikan gunakan password yang berisi delapan karakter. Tekan Enter dan akan keluar perintahnya.
image
  • Jika sukses, di Device Manager muncul adapter baru bernama Virtual WiFi Miniport Adapter.
image
  • Di Control Panel > Network and Internet > Network Connection akan muncul koneksi baru yang menggunakan Microsoft Virtual WiFi Minoport Adapter. Bila Virtual WiFi ini tidak muncul, coba gunakan driver lain, baik yang resmi maupun dari pihak ketiga.
image
  • Langkah berikutnya adalah proses Sharing. Buka Control Panel > Network and Sharing Center. Di jendela sebelah kiri, klik Change adapter setting.
image
  • Klik kanan koneksi internet  yang akan di sharing, dalam hal ini adalah koneksi EVDO yang menggunakan USB modem, pilih Properties.
  • Pilih tab Sharing, beri centang pada Allow other network users to connect through this computer’s internet connection, pilih koneksi yang menggunakan Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter. Dalam contoh kami adalah Wireless Network Connection 2. Jangan sampai keliru dengan koneksi yang menggunakan WLAN card anda, klik OK.
image

Cara Penggunaan
Pada dasarnya, Virtual WiFi bisa dikendalikan melalui command prompt. Namun, dari pada repot, kita bisa memanfaatkan freeware bernama Virtual Router yang bisa di-download di sini, ukuran file 1,01 MB.
  • Install Virtual Router seperti biasa. Setelah instalasi selesai, tutup dulu Virtual Router-nya.
  • Aktifkan koneksi internet anda. Aktifkan pula WLAN card Anda (nyalakan WiFi), dan jalankan kembali Virtual Router. Di Network Name dan Password, isikan sesuai dengan yang anda buat pada langkah sebelumnya. Pada Shared Connection, pilih nama koneksi internet yang anda pakai. Seperti di contoh kami, koneksi yang dipilih adalah yang menggunakan modem USB EVDO. Klik Start Vortual Router.
image
  • Sekarang, dari komputer lain yang ingin bergabung ke hotspot tersebut, nyalakan WiFi-nya. Klik icon koneksi yang ada di system tray dan pilih nama jaringannya. Klik Connect.
  • Masukkanlah password-nya, klik OK, maka komputer sudah bisa menggunakan hotspot.
  • Kami sudah mencobanya ke notebook dan ponsel ber-OS Android. Semuanya terkoneksi dengan baik.
  • Untuk mematikan hotspot tinggal klik Stop Virtual Router lalu matikan WLAN card anda.
Okay, itu saja untuk posting kali ini, semoga bermanfaat ya . . .

0 komentar:

Posting Komentar